Kamis, 28 November 2013

Monorel=Kemajuan Bangsa

Monorel Jakarta telah menjadi bahan pembicaraan selama beberapa tahun terakhir. Banyak yang bilang bahwa monorel sangat dibutuhkan untuk mengatasi kemacetan di Ibukota Jakarta. Tapi apa benar hanya itu manfaat dari monorel?

Melihat dari beberapa Negara yang sudah terlebih dahulu menerapkan system monorel atau Mass Rapid Transit (MRT), kita dapat melihat bahwa hal itu merupakan langkah yang tepat untuk memajukan bangsa. Lihat saja Kota London di UK yang memiliki London Underground atau lebih dikenal dengan nama Tube, London Underground memberikan impact yang besar terhadap Kota London. Didirikan pada tahun 1985, London Underground menjadi salah satu alat transportasi paling penting di Kota tersebut dan bahkan pada saat itu menunjukan kekuatan Negara Inggris ke mata dunia karena London Underground merupakan salah satu MRT system pertama di dunia. Sekarang London Underground digunakan oleh hamper 3 juta penduduk London setiap hari.

Dari kalimat terakhir di paragraph sebelum, saya berpikir bahwa monorel sangat diperlukan Kota Jakarta mengingat total jumlah penduduk di Jakarta hampir sama dengan total penduduk di Malaysia. Tapi apa yang lebih penting adalah bahwa monorel akan membantu memajukan bangsa. Bagaiman bisa?

Monorel akan membantu orang untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain lebih cepat tanpa harus melawati jalan-jalan biasa. Hal itu akan membantu banyak dalam melakukan bisnis. Jika kita lihat Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, ketika kita menaiki MRT disana kita juga akan melihat beberapa orang pembisnis yang menaiki MRT tersebut. Hal itu dikarenakan MRT dapat memungkinkan mereka untuk menjalani beberapa meeting di beberapa tempat berbeda dalam satu hari dimana di Jakarta akan sulit dilakukan mengingat tingkat kemacetannya. Dalam hal ini, investor-investor asing akan memikirkan untuk ber-investasi di Indonesia karena adanya kendaraan umum yang nyaman dan juga cepat.


Saya percaya bahwa kehadiran MRT  atau monorel akan memberi dampak positif pada kemajuan bangsa karena hal itu sudah menjadi bukti bagi beberapa Negara seperti Inggris, Singapura, Malaysia dan Hong Kong. Mari kita menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik, karena Negara-negara sebelumnya juga maju dengan pesat setelah kehadiran MRT di Negara mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar